Enrekang,- Pemerintah Kabupaten Enrekang mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan sharing knowledge dan teknologi dari Pemkab Banyuwangi, hal ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Enrekang Drs.H.Muslimin Bando, M.Pd dengan Bupati Banyuwangi, H. Abdullah Azwar Anas, S.Pd, S.S, M.Si, dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Oleh DR. H. Baba, SE, MM dengan Sekda Kabupaten Banyuwangi Ir. H. Mujiono, M. Si, Minggu (15/9/2019) pukul 10.00 WIB bertempat di Rumah Budaya Kebo Keboan, Alasmalang, Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi.

“Saya sangat gembira dengan hadirnya empat bupati bersama jajarannya di Banyuwangi. Ini kesempatan bagi kami untuk saling tukar ilmu dan program pembangunan untuk pengembangan daerah,” kata Anas

Selama di Banyuwangi, Bupati Banyuwangi mengajak berkeliling menyaksikan sejumlah atraksi seni budaya rangkaian Banyuwangi Festival. Mulai dari Festival Lembah Ijen, Fish Market Festival, hingga tradisi Kebo-keboan Alasmalang.

“Kami sengaja menunjukkan baik peran swasta maupun desa yang sama-sama bergerak memajukan daerah lewat atraksi wisata. Bahwa dalam membangun daerah, pemerintah perlu hadir sebagai pendorong untuk kemudian berkolaborasi bareng dengan masyarakat maupun pihak swasta untuk mengembangkan daerah,” kata Anas.

Bupati Enrekang, mengatakan kunjungannya ke Banyuwangi karena tertarik dengan konsep Mal Pelayanan Publik yang telah didirikan Banyuwangi sejak 2017 lalu. “Kami ingin membuat hal serupa di Enrekang, karena mall semacam ini terbukti sangat memudahkan warga dalam mengakses pelayanan publik,”.

Selain mall pelayanan publik,. Enrekang juga ingin belajar pengembangan pariwisata daerah. “Perkembangan wisata Banyuwangi yang ditunjang dari beragam atraksi seni dan tradisi rakyatnya menjadi media promosi yang ampuh untuk mendatangkan wisatawan ke Banyuwangi. Ini patut dicontoh,”  imbuhnya.

Adapun Kerjasama antara Pemkab Enrekang dengan Pemkab Banyuwangi tentang Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan (SIMRAL), SIMBADA, E-PAD, E-BPHTB, E-Kinerja serta E-Audit di Kabupaten Enrekang. pada kesempatan tersebut Bupati Enrekang didampingi oleh Plt. Kadis Diskominfo-Statistik Kabupaten Enrekang Drh.H.Junwar, M.Si.

Sehari sebelumnya, yakni Sabtu(14/9/2019), Bupati Banyuwangi menggelar Gala Dinner di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Kabupaten Banyuwangi, selain Kabupaten Enrekang, pada kesempatan yang sama tiga kabupaten lain juga menandatangani MoU dengan Kabupaten Banyuwangi yakni Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara , Kabupaten Konawe Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tenggara dan Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur.