PENCANANGAN DESA CANTIK DAN ZONA INTEGRITAS TAHUN 2022 MENUJU SATU DATA INDONESIA

Berita

Enrekang – Desa Tindalun Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang, mewakili Kabupaten Enrekang sebagai Desa Cantik Kabupaten Enrekang, hari ini pembinaan Desa Cantik atau Desa Cinta Statistik dan Pembangunan Zona Integritas (ZI) dilaksanakan di Kantor Desa Tindallun Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang, Jumat 19 Agustus 2022.
Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) merupakan Program percepatan Penguatan Statistik Sektoral secara Nasional yang dilaksanakan pada tingkat Pemerintahan terkecil dan sekaligus sebagai salah satu implementasi Program Satu Data Indonesia
Hadir pada acara ini yaitu Asiten 3 Setda Enrekang, Kepala BPS Kabupaten Enrekang, Sekretaris Bappelitbanda, Kabid DPMD, Kepala Diskominfo-Statistik Kabupaten Enrekang yang diwakili oleh Kabid Persandian dan Statistik.
Tujuan umum dari program ini adalah untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik, sebagai Standardisasi Pengelolaan Data Statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik, untuk optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa/kelurahan tepat sasaran, dan untuk membentuk agen-agen statistik pada level desa/kelurahan.
Program Desa Cantik ini akan dilaksanakan pada tingkat desa dengan beberapa kriteria yang sudah ditentukan, diantaranya yaitu keberadaan komputer atau internet di kantor desa/kelurahan serta memiliki potensi wisata atau potensi produk unggulan.
Untuk mendukung program tersebut, terlebih dahulu dilakukan pelatihan bagi Calon Pembina Desa Cantik.
Sekda Enrekang menyampaikan bahwa perlu dukungan dari seluruh pihak dalam mensukseskan program Desa Cantik ini. Tidak cukup dari BPS sebagai leading sektor dalam pengembangan statistik saja, namun program ini juga perlu dukungan dari pemerintah mulai dari pemerintah pusat, daerah hingga pemerintah desa serta masyarakat. Dengan dukungan dari semua pihak diharapkan program ini dapat berjalan sukses dan pada gilirannya dapat memberikan sumbangsih terhadap pembangunan Indonesia. Kini saatnya desa bersolek dengan data dan potensi yang dimiliki sehingga menjadi Desa Cantik nan mempesona. Yuuuuk Sukseskan Desa Cantik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *