Tahun 2020 Lapangan Ablam Batili Enrekang Disiapkan Jadi Ruang Publik Hijau dengan Fasilitas Wifi Gratis

Enrekang- Penataan kota dan ruang terbuka hijau Enrekang di era keduanya, disiapkan bupati Muslimin Bando melalui rencana Redesain lapangan Ablam Enrekang yang merupakan salah satu prioritas arah kebijakan perencanaan di tahun 2020.

“menunjang visi misi telah dicanangkan bupati Enrekang dalam RPJMD 2018-2023 mendorong peningkatan kesejahteraan sosial melalui sejumlah peningkatan pembangunan termasuk penyediaan ruang publik hijau moderen bagi masyarakat perkotaan,”papar kepala Bappeda-Litbang Enrekang Dr.H Baba, usai mendampingi Bupati Enrekang meninjau lapangan Ablam Batili Enrekang, Senin (04/11/2019).

Untuk lokasi ini dirancang memenuhi fasilitas umum lebih representatif, sehingga area tersebut secara manfaat lebih luas menunjang aktifitas masyarakat termasuk area taman bermain anak

Secara keseluruhan space area tersebut terdesain lapangan Batili Enrekang punya estetika bisa dimanfatkan tempat joging, akses internet, gasebo juga spot selfi yang eksotis.

Juga konsep penambahan fisik bangunan agar kapasitas Tribun Batili lebih berdaya tampung besar untuk kegiatan hari besar Nasional termasuk suasana penerimaan jamaah haji Enrekang di satu tempat yakni di Tribun Ablam Enrekang.

“adanya ruang publik hijau yang lengkap serta peningkatan kapasitas daya tampung Tribun batili guna memenuhi aktifitas refreshing dan bersantai serta tempat bermain anak bagian tidak terpisahkan tujuan meningkatkan kesejahteraan sosial dalam arti lebih luas dan pelayanan publik,”urainya.

Sementara itu Kadis Kominfo dan Statistik drh.H.Junwar, M.Si menyampaikan tahun 2020 tidak hanya memasang akses wifi gratis akan tetapi akan dilengkapi dengan CCTV di ruang publik termasuk di lapangan Abubakar Lambogo.

Diharapkan untuk memisahkan gazebo untuk area anak-anak, dewasa, perempuan, laki-laki dan pemisahan untuk gazebo para perokok termasuk ibu menyusui.
“Meski ada akses wifi., kami juga akan membatasi situs yang bisa dibuka sehingga penggunaan jaringan internet bukan untuk hal negatif,” tegas, Kepala Dinas BKDD dan Plt. Kadis Kominfo-Statistik.

erkait kesiapan rencana pemda Enrekang tersebut diterangkan kasubid perencanaan makro Sumardin,SE.M.AP dalam penataan ruang kota tidak terlepas dari taman kota, fungsi dan pelestarian ruang terbuka hijau yang bisa memberikan rasa nyaman,suasana tenang dan keindahan.

“Ini sebuah program memberikan rasa nyaman, ketenangan dan keindahan tidak terlepas upaya Pemda Enrekang efeknya kegiatan ekonomi serta penghematan dana masyarakat untuk mencari rekreasi keluar kota,”paparnya.

Kata dia, target pemerintahan daerah memberikan perubahan taman kota dalam pendistribusian berbagai kegiatan pembangunan serta dampaknya kedepan menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD). Dari sudut pandang ekonomi berpeluang menggerakkan kekuatan ekonomi lokal.

“seperti rekreasi lebih banyak memilih mencari lokasi rekreasi modern diluar kota, dari tata ruang hijau di sentral Batili sebagai wahana interaksi sosial ini dapat mempertautkan seluruh masyarakat tanpa menghitung latar belakang sosial,ekonomi dan budaya,”tutupnya (McEnrekang.Lubis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This